Desi Fitrie | Informasi-informasi Terupdate

Baca, Saksikan, Rasakan, Simpulkan...

Jumat, 21 Oktober 2016

Loncat Batu Nias, Ternyata Ini Madsud Dari Kegiatan Ini

ilustrasi

Nias - Liburan ke Nias, traveler bisa melihat atraksi lompat batu yang sudah terkenal. Faktanya, tradisi itu memiliki makna mendalam bagi seorang pria.

Seperti pernah disaksikan langsung oleh detikTravel, lompat batu tersebut dapat wisatawan lihat di Desa Bawamataluo yang berada di Nias Selatan. Desa ini masih memegang teguh adat istiadat leluhurnya yang sekaligus menjadi sebagai salah satu destinasi wisata andalan di Nias.

Diketahui kalau tradisi lompat batu itu sudah berlangsung sejak ratusan tahun lalu. Yang melakukan tradisi itu pun hanyalah para pria, sedangkan wanita dilarang.

Dari informasi yang detikTravel dapatkan dari warga setempat, dulunya Nias merupakan kerajaan dan lompat batu adalah suatu tes yang harus dilakukan oleh prajurit.

Kerajaan-kerajaan di Nias pada zaman dulu biasanya memiliki pagar dari bambu untuk melindungi wilayahnya. Nah, para pria yang menjadi prajurit diharuskan terlebih dulu untuk bisa meloncati batu agar bisa menembus pagar-pagar tersebut.

Seiring perkembangan zaman, makna tradisi lompat batu bergeser lebih luas. Lompat batu pun dinilai sebagai lambang seorang pria remaja untuk dibilang perkasa dan dewasa. Ibaratnya, belum laki kalau belum bisa lompat batu.

Lompat batu dilakukan dengan cara berlari, kemudian menginjak pijakan batu kecil untuk menghempaskan badan ke udara. Batu yang dilompati, tingginya 2,1 meter.

Bagi wisatawan yang melihatnya, mungkin terlihat mudah. Namun tidak bagi para pria Nias, sebab mereka harus berlatih terlebih dulu. Mereka berlatih melompati pagar kayu, kemudian selangkah demi selangkah melompati rintangan yang lebih tinggi.

Mereka yang melakukan lompat batu juga tak selamanya mulus. Ada yang nyangkut di tengah, paling parah mendarat dengan posisi kaki yang salah dengan risiko maksimal patah tulang. Maka itu, persiapan melakukan lompat batu tidaklah main-main.

Kini tradisi lompat batu di Desa Bawamataluo telah menjadi suguhan atraksi menarik untuk wisatawan. Datanglah langsung ke Nias dan lihat atraksi melompati batu yang tiada dua!

Datanglah ke Desa Bawamataluo untuk melihatnya Datanglah ke Desa Bawamataluo untuk melihatnya

Sumber: portalcbn

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

1 komentar:

waaah kaya uang seribu nih, hahahaha

yuk kunjungi blog saya ^_^ ayam aduan

Pages

Back To Top